Monday, August 16, 2010

Informasi Penerimaan CPNS Kabupaten Klaten 2010

Pemkab Klaten mengusulkan perekrutan 3.000 CPNS pada tahun 2010 ini. Sesuai mekanisme, usulan itu disampaikan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara
dan Reformasi Birokrasi. Formasi CPNS baru tahun 2010 itu didominasi pegawai bidang pendidikan dan kesehatan sesuai kebutuhan daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Klaten, Purwanto Anggoro Cipto mengatakan, ajuan formasi dari tahun ke tahun mencapai 2.000-3.000 kursi, namun yang disetujui biasanya kurang dari itu. “Sudah kami sampaikan ke Menpan. Ini tinggal menunggu berapa kuota formasi yang disetujui untuk Klaten,” jelasnya.


Menurutnya, kebutuhan tenaga pendidikan masih cukup besar lantaran banyaknya guru yang purnatugas beberapa tahun terakhir. Dijelaskan olehnya, rata-rata dalam setahun 600-700 PNS pensiun dan mayoritas di antaranya tenaga pendidik. Bahkan tahun ini, katanya, PNS yang pensiun sekitar 800-an orang. Selain itu, kebutuhan tenaga kesehatan juga lumayan banyak.

Dia memperkirakan, kebutuhan guru masih cukup besar hingga dua-tiga tahun mendatang mengingat usia pensiun guru yang dulu diangkat berbarengan saat pendirian SD Inpres rentangnya tidak berbeda jauh. Meski demikian, jelasnya, formasi untuk bidang teknis juga tak dilupakan.

Purwanto mengungkapkan, rincian formasi yang dibutuhkan juga disusun sekaligus dan dimintakan tanda tangan Bupati. Menurutnya, pihaknya, kini tinggal menunggu turunnya persetujuan Menneg PAN mengenai kuota formasi. Tahun lalu, jelasnya, kuota CPNS Klaten 514 kursi.

“Tentunya diperhitungkan anggaran pula. Sebab pengangkatan PNS baru mestinya harus didukung ketersediaan anggaran negara.”

0 comments:

Post a Comment