Tuesday, July 26, 2011

Tips Praktis membuat Ruangan Sejuk Tanpa AC

Tips Praktis membuat Ruangan Sejuk Tanpa AC - Berita informasi terbaru 2011. Ketika musim kemarau tiba, sebagian orang merasa bimbang antara memperoleh kenyaman di rumah atau tagihan listrik yang membengkak karena penggunaan air conditioner (AC). Namun pada kenyataannya, Anda dapat menerapkan beberapa perubahan gaya hidup Anda serta menghilangkan ketergantungan Anda terhadap AC. Karena dengan begini Anda dapat mengurangi tagihan listrik Anda sekaligus berkontribusi positif terhadap pengendalian pemanasan global. Berikut ini adalah Tips praktis membuat ruangan sejuk tanpa AC:

1. Pemasangan Ceiling Fan. Lakukan pemasangan ceiling fan atau kipas angin yang dipasang di langit-langit. Ceiling fan menyerap listrik sangat kecil (75 wh), namun dapat membuat suhu ruangan kamar turun hingga 10 derajad celcius. Pastikan bahwa posisi ceiling fan adalah menekan udara ke bawah, bukan menyerapnya ke atas.
2. Pemilihan Tipe Bantal/Kasur Yang Sejuk. Jika Anda terbiasa tidur dalam suasana sejuk, maka ada beberapa produk bantal/guling yang tersedia untuk memecahkan masalah ini. Anda bisa membeli tipe bantal yang berisi air di dalamnya (water-filled pillow) untuk membuat leher dan kepala Anda tetap sejuk. Perangkat lain yang bisa Anda coba adalah kasur air dan bed-fan (kasur fan). Fan pada tempat tidur ini beroperasi tepat di bawah cover penutup, dan menghembuskan udara sejuk ke tubuh Anda sepanjang malam.
3. Mandi Dengan Shower Pada Siang Hari. Biaya yang Anda gunakan dengan mamanfaatkan air untuk menyejukan badan akan jauh lebih murah dibandingkan dengan penggunaan AC.
4. Pamasangan Pelindung Matahari (sun screen). Pasanglah pelindung matahari atau kaca film pada jendela rumah Anda. Pelindung matahari dapat mengurangi masuknya panas ke dalam ruangan sebanyak 65% sedangkan kaca film dapat mengurangi hingga 60% masuknya panas ke dalam ruangan dan masih memungkinkan cahaya masuk ke dalam ruangan. Jadi, dengan pemasangan produk-produk tersebut, Anda masih dapat menikmati cahaya matahari di ruangan Anda ketika siang hari, namun dengan tingkat panas yang jauh berkurang.
5. Penggantian Tipe Penerangan. Anda bisa mengganti lampu pijar di ruangan Anda dengan lampu TL (Tube Lamp) atau lampu neon. Mengapa? Lampu pijar menghasilkan 10% cahaya dan 90% panas, sedangkan lampu TL/neon menghasilkan 90% cahaya dan 10% panas. Dengan lampu tipe TL/Neon, ruangan Anda dapat terasa lebih sejuk.

Dan baca juga artikel tentang Cara Kerja Kacamata 3D dan Film 3D, terima kasih.

0 comments:

Post a Comment